Back to Daily Research

Trading Idea

Selamat pagi,

Wall  Street berakhir menguat pada perdagangan Jumat lalu dipengaruhi rilis laporan pekerjaan AS di atas ekspektasi pasar  mengimbangi ketegangan perdagangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan China. Adapun, data nonfarm payrolls AS pada bulan Juni mencapai 213.000 diatas ekspektasi sebesar 195.000. Sementara tingkat pengangguran naik 4 persen dan rata-rata penghasilan per jam naik 0,2 persen. Dow Jones +0.41%, Nasdaq +1.34%, dan S&P 500 +0.85%.

Bursa Eropa menguat tipis dikarenakan investor masih memantau perkembangan perdagangan antara AS dan China. Disamping itu, menguatnya bursa AS dikarenakan data tenaga kerja yang diatas ekspektasi pasar mampu mengimbangi ketidakpastian perang dagang sehinnga membuat bursa Eropa turut ditutup di zona hijau FTSE 100 +0.19%, Stoxx600 +0.20%, CAC 40 +0.18% dan Dax +0.26%.

Harga minyak mentah bergerak mixed dan berakhir menguat dikarenakan aksi short covering sehingga mendorong kenaikan harga minyak. Namun, adanya laporan peningkatan ketersediaan minyak mentah Saudi mengurangi OSP (harga jual resmi) ke Eropa dan wilayah lain sempat membuat harga minyak mentah turun.

IHSG ditutup melemah akibat sentimen negatif komentar Presiden Donald Trump yang mengancam akan mengenakan tarif ke 124 produk asal Indonesia menyusul defisit AS dalam hubungan dagang dengan Indonesia. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 390 miliar dengan saham SMMA dan AMRT menjadi net top seller sedangkan saham TLKM dan INKP menjadi net top buyer. Secara teknikal, Indeks pada hari ini diperkirakan bergerak mixed cenderung melemah terbatas dengan range pergerakan 5685-5831. Saham yang diperhatikan adalah TOPS (buy), INDY (Acc buy), WSBP (SoS), UNTR (buy), PGAS (buy), TLKM (buy).

Profindo Trading Idea 180709

Selengkapnya www.profindo.com

DISCLAIMER ON